Bulan Ramadhan tahun 2020 memiliki suasana berbeda dari bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya masyarakat muslim menjalankan ibadah puasa dan berbuka bersama dengan teman atau rekan kerja, shalat tarawih bersama di masjid. Namun, saat ini masyarakat dibatasi dalam segala aktivitas puasa maupun ibadah agar tetap menjaga diri dari persebaran virus covid-19.

World Health Organization atau WHO memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan menjalankan aktivitas selama Ramadhan dengan baik. Melalui edaran di situs resmi WHO, terdapat beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan, yaitu :

        1. Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Hidrasi saat Berbuka

Kekebalan tubuh yang baik harus dimiliki setiap orang. Disamping mempertahankan stamina ketika bekerja dirumah dan berpuasa, asupan gizi yang baik dan seimbang dapat memberi kekebalan tubuh yang baik sehingga dapat terhindar dari virus covid-19. Sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi dan hidrasi saat berbuka dan sahur. Yang harus dilakukan cukup mudah, yaitu mengonsumsi makanan sehat, memperbanyak minum air putih serta dilengkapi dengan meminum vitamin C dan E.

        2. Tetap Menjalankan Aktivitas Fisik atau Olahraga 

Walaupun sedang berpuasa bukan berarti kita melewatkan aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat dilakukan ketika sore hari menjelang berbuka dan tetap dianjurkan untuk dilakukan didalam rumah saja. Berbagai panduan maupun kelas online sudah tersedia melalui berbagai aplikasi atau youtube dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat sehingga diharapkan masyarakat tetap menjaga kebugaran tubuh. 

        3. Menghindari Penggunaan Rokok dan Tembakau

Penggunaan tembakau tidak disarankan dalam berbagai situasi dikarenakan sebagian perokok memiliki kapasitas paru-paru yang sudah berkurang. Merokok juga dapat memicu peradangan paru-paru dan mengganggu sistem imun sehingga dapat meningkatkan resiko terserang virus covid-19. Selain itu, dengan merokok menyebabkan seseorang berkali-kali mendekatkan tangan ke mulut, sedangkan sangat disarankan untuk menjauhkan tangan dari mulut guna menghindari risiko perpindahan virus dari tangan ke mulut. 

        4. Memperhatikan Pembatasan Fisik dan Kebersihan Diri saat Beramal

Pembatasan fisik yang harus dilakukan untuk menjaga diri dari terserangnya virus covid 19 antara lain, menghindari perkumpulan besar, tidak melakukan buka bersama, tidak melakukan shalat tarawih di masjid, silaturahmi via media sosial dan video call. Selain itu, apabila ingin memberikan bantuan kepada yatim piatu, diharapkan tetap mengikuti aturan-aturan social distancing dan selalu menggunakan alat pelindung diri berupa masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Dengan menerapkan tips-tips diatas, diharapkan masyarakat tetap sehat dalam menjalankan aktivitas selama bulan Ramadhan untuk meraih kemenangan. Jangan lupa untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan serta kebersihan ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!