Apple baru saja merilis empat ponsel terbarunya dari keluarga iPhone 13. Semuanya masih berbekal desain yang familiar, tapi memiliki beberapa peningkatan penting.

Ada empat ponsel yang meluncurm yaitu iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. 


Bentuk keseluruhan dari iPhone 13 dan iPhone 13 mini tidak banyak berubah -tepinya datar dan sudut yang lebih bulat kembali dikawinkan sekali lagi dalam bodi logam berperingkat IP68. Kali ini, takik khasnya menjadi lebih kecil sebesar 20%.


Diagonal panel Super Retina XDR tetap tidak berubah -5,4 inci untuk iPhone 13 mini dan 6,1 inci untuk iPhone 13. Panel itu sendiri 28% lebih terang, mencapai kecerahan luar ruangan maksimal 800 nits dan puncak 1200 nits, kecerahan HDR. Berbicara tentang HDR, panel baru mendukung standar Dolby Vision, HDR10, dan HLG.


Satu hal yang akan Anda lewatkan dengan iPhone 13 dan mini adalah kecepatan refresh tampilan 120Hz. Karena keduanya terjebak sebagai unit bertempo 60Hz seperti semua iPhone sejauh ini.


Bionik Apple A15 yang serba baru berada di jantung iPhone 13 dan 13 mini yang baru. Menurut Apple, A15 adalah chipset tercepat di semua smartphone saat ini. Klaim yang cukup berani, tetapi kemungkinan benar mengingat rekam jejak Apple.


A15 memiliki dua inti CPU berkinerja tinggi dan empat inti efisiensi tinggi tambahan dan dibangun di atas simpul manufaktur 5nm yang efisien. GPU menggunakan desain khusus yang dibagikan di antara semua model iPhone 13, termasuk Pro.


Perlu dicatat bahwa Bionic A15 di dalam iPhone 13 dan iPhone 13 mini mendapatkan empat core GPU. Bukan lima seperti pada saudara mereka yang premium.

Bionic A15 baru juga memiliki Mesin Neural 16 inti baru, yang mendukung fitur-fitur seperti pengenalan suara dan gambar di perangkat serta tugas-tugas pembelajaran mesin tingkat lanjut lainnya. Selain itu, ada ISP baru, dua kali jumlah cache, serta mesin tampilan baru dan pembuat enkode serta dekoder video baru.


Hampir terasa seperti "baru" sudah terlalu sering digunakan, namun GSM Arena mengakui belum membicarakan tentang pengaturan kamera. IPhone 13 dan iPhone 13 mini memiliki dua kamera di bagian belakang dengan yang utama memiliki sensor 12 MP dengan piksel 1,7µm dan lensa 26mm f/1.6. Itu tampaknya imager yang sama persis yang ditemukan di kamera utama iPhone 12 Pro Max, lengkap dengan stabilisasi sensor-shift.


Kamera 12 MP ultrawide f/2.4 juga mendapat sensor baru. Tetapi tidak mendapatkan autofokus seperti pada model iPhone 13 Pro.


Di bagian depan, kamera selfie TrueDepth 12 MP mendukung fitur Center Stage yang semakin populer untuk mengikuti Anda berkeliling di dalam bingkai secara otomatis. Plus menampung lebih banyak orang.


Akhirnya, baik iPhone 13 biasa dan mini mendapatkan baterai yang lebih besar dari pendahulunya. Apple tidak membagikan angka tertentu, tetapi menjanjikan hingga 2,5 jam dan 1,5 jam waktu tambahan untuk kedua model dibandingkan generasi iPhone 12.


Kapasitas tersebut telah menghasilkan peningkatan berat, dengan iPhone 13 memiringkan timbangan pada 174 gram dan mini -141 gram. Model-model baru juga lebih tebal 0,25 mm dari pendahulunya, tetapi dimensi lainnya tetap tidak berubah.

Apple juga telah bekerja pada efisiensi daya dengan model iPhone 13 beralih dari 5G ke LTE, ketika kecepatan yang lebih tinggi tidak diperlukan. Dan berbicara tentang 5G, iPhone 13 mendukung lebih banyak band dan operator daripada pendahulunya.

Keduanya akan tersedia untuk pre-order mulai Jumat, 17 September, di lebih dari 30 negara, termasuk Australia, Kanada, China, Jerman, India, Jepang, Inggris, dan AS. Mereka akan mulai pengiriman pada 24 September.

Baik iPhone 13 dan iPhone 13 mini sekarang hadir dengan penyimpanan dasar 128 GB. Ada juga opsi ROM 256 GB dan 512 GB. Harga mulai dari Rp10 juta-11,4 juta.

Ada total lima warna aluminium yang ditawarkan, yaitu starlight, midnight, blue, pink dan (PRODUCT) RED edition.


Src : kilat.com